Layanan Listrik 24 Jam

Jasa Perbaikan Instalasi Listrik 24 Jam Area Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Cibubur Dan Bogor

Tentang Kami Klik Disini

Layanan Listrik 24 Jam / Teknisi Listrik Panggilan 24 Jam

Listrik  adalah salah satu kebutuhan pokok energi yang harus ada setiap hari. Jika dalam satu minggu saja listrik mati maka akan terjadi ketidakseimbangan pada perekonomian dan kebutuhan masyarakat. Karena kefleksibelan listrik yang amat beragam menjadikan penggunaannya yang hampir tak terbatas seperti transportasi, pemanasan, penerangan, telekomunikasi dan komputerisasi. Tenaga listrik ini adalah tulang punggung masyarakat industri modern.

Sebagai manusia yang sangat membutuhkan listrik ada saatnya kita penasaran kenapa listrik bisa membahayakan kita, padahal sebenarnya dari segi manfaat jelas sekali banyak manfaat dari energi listrik, antara lain :

  • Memudahkan aktivitas sehari-hari
  • Mempercepat proses produksi
  • Meningkatkan menjalankan peralatan medis
  • Mempercepat proses pembangunan
  • Memperluas akses informasi
  • Transportasi
  • Keamanan
  • Rekreasi, hiburan, hobi dll

Ada 3 bahaya yang diakibatkan oleh listrik, yaitu kesetrum (sengatan) listrik, panas atau kebakaran dan ledakan.

Bahaya pertama kesetrum atau sengatan listrik akan dirasakan jika arus listrik melalui tubuh kita. Biasanya arus akan mulai dirasakan jika arus yang mengalir lebih dari 5 mA. Pada arus yang kecil, aliran arus hanya akan mengakibatkan kesemutan atau kehilangan kemampuan untuk mengendalikan tangan. Pada arus yang besar, arus listrik bisa membakar kulit dan daging kita. Yang paling bahaya adalah jika arus tersebut mengalir melalui jantung atau otak. Perlu dicatat bahwa yang membahayakan adalah aliran arus listrik, bukan tegangan listrik. Walaupun tegangannya tinggi, bisa saja tidak membahayakan asalkan arusnya sangat kecil.

Bahaya kedua adalah panas atau kebakaran. Panas muncul karena adanya aliran arus melalui suatu resistansi atau daya. Besarnya panas sebanding dengan kwadrat arus, besarnya resistansi atau daya dan waktu. Jika kita menggunakan kabel yang terlalu kecil maka resistansi atau dayanya besar, sehingga kawat bisa mengalami pemanasan. Kawat yang panas bisa menyebabkan terbakarnya isolasi kabel sehingga mengakibatkan terjadinya hubungan singkat. Kontak atau sambungan tak sempurna juga bisa menyebabkan timbulnya panas yang membakar isolasi kabel. Menutup lampu, menutup kipas angin, menutup layar komputer dengan bahan yang mudah terbakar juga membahayakan.

Bahaya ketiga adalah ledakan. Saat terjadi hubung singkat, arus listrik yang mengalir akan sangat besar. Arus yang sangat besar bisa menyebabkan naiknya tekanan udara secara cepat. Untuk instalasi perumahan, bahaya ini mungkin terjadi tidak terlalu besar.

Dalam pemasangan instalasi listrik, biasanya rawan terhadap terjadinya kecelakaan. Kecelakaan bisa timbul akibat adanya sentuh langsung dengan penghantar beraliran arus atau kesalahan dalam prosedur pemasangan instalasi. Oleh karena itu perlu diperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan bahaya listrik serta tindakan keselamatan kerja. Beberapa penyebab terjadinya kecelakaan listrik diantaranya:

  • Kabel atau hantaran (tenaga yang menyalurkan) pada instalasi litrik terbuka dan apabila tersentuh akan menimbulkan bahaya kejut
  • Jaringan dengan hantaran telanjang
  • Peralatan listrik yang rusak
  • Kebocoran listrik pada peralatan listrik dengan rangka dari logam, apabila terjadi kebocoran arus dapat menimbulkan tegangan pada rangka atau body
  • Peralatan atau hubungan listrik yang dibiarkan terbuka
  • Penggantian kawat sekring yang tidak sesuai dengan kapasitasnya sehingga dapat menimbulkan bahaya kebakaran
  • Penyambungan peralatan listrik pada kotak kontak (stop kontak) dengan kontak tusuk lebih dari satu (bertumpuk)

Bahan listrik terletak pada tegangan sentuh (kesetrum) serta radiasi (biasanya pada saluran udara tegangan tinggi seperti sutet). Untuk bagian-bagian kabel listrik biasanya terbuat dari dua jenis bahan yang dipengaruhi oleh daya hantarnya, yaitu :

  1. Konduktor (tembaga, timah, kuningan dan logam lainnya)

Komponen konduktor merupakan bagian dalam kabel yang terdiri dari gabungan berbagai kawat. Sebagai bagian yang bertugas sebagai media penghantar listrik, konduktor ini harus dibuat dari material logam. Untuk jenis logamnya sendiri yang paling umum digunakan yakni tembaga ataupun aluminium. Pada umumnya, kemampuan kabel dalam menghantarkan arus listrik berbeda-beda. Hal ini karena kabel juga didesain dengan kemampuan hantar arus (KHA) yang tidak sama. Ada kabel bertegangan rendah, menengah, hingga bertegangan tinggi yang dapat disesuaikan penggunaannya sesuai kebutuhan.

  1. Isolator (karet, plastik polimer lentur)

Isolator adalah komponen atau bagian paling luar dari kabel. Dimana fungsi utamanya yakni dijadikan sebagai pelindung agar sengatan resiko listrik bisa diminimalisir. Kebalikan dari konduktor, justru isolator ini dibuat dari material berbahan termoplastik. Dimana bahan termoplastik ini sudah dibuktikan memang aman karena tidak bisa berfungsi sebagai media penghantar listrik. Selain itu isolator juga punya fungsi lain yakni melindungi bagian dalam kabel agar tidak terlihat dari luar sekaligus menghindarkan manusia dari resiko terkena sengatan arus listrik. Isolator inilah yang bisa membuat kabel tetap aman meskipun terjadi hubungan arus pendek ataupun korsleting listrik. Bahan yang digunakan sebagai isolator pada kabel sendiri juga sangat bervariatif. Salah satu yang paling populer adalah bahan PVC.

Anda mungkin sering mendengar bahwa kasus kebakaran di Jakarta terjadi akibat korsleting listrik. Hal ini tentu berhubungan dengan keteledoran saat memasang kabel listrik. Biasanya, pemasang kabel listrik cenderung mengabaikan makna warna dibalik kabel listrik tersebut.

Standar internasional menetapkan kabel listrik harus diproduksi dengan warna yang berbeda. Perbedaan warna kabel tersebut berguna untuk membantu Anda dalam memasang dan merawat kabel listrik yang terpasang di rumah. Setiap warna memiliki kode dan arti yang menandakan fungsi kabel listrik tersebut. Lantas,  apa saja warna pada kabel listrik beserta maknanya? Di bawah ini penjelasannya.

  1. Merah, Kuning, Hitam

Kabel merah, kuning dan hitam digunakan untuk muatan listrik positif (fasa atau api). Kabel ini mudah tersetrum apabila bersentuhan dengan kulit atau diuji dengan test pen. Getaran listrik tersebut menandakan bahwa kabel sudah menyala. Muatan listrik dalam kabel ini berasal dari kabel jaringan PLN yang terpasang di tiang listrik dekat rumah Anda.

  1. Biru

Apabila kabel merah, kuning dan hitam berguna untuk muatan listrik positif, maka kabel biru digunakan khusus untuk muatan listrik negatif (netral). Kabel ini pun tidak akan mengeluarkan getaran listrik ketika tersentuh oleh kulit. Bila diuji dengan test pen, kabel biru juga tidak akan menyala. Sumber muatan listrik negatifnya juga berasal dari jaringan PLN yang terpasang di tiang listrik.

  1. Kuning Setrip Hijau

Kabel listrik kuning dengan setrip hijau memiliki fungsi yang berbeda dari dua kabel sebelumnya, yaitu mengalirkan muatan listrik arde yang diambil dari tanah atau grounding. Sumber dari grounding diperoleh dengan cara menanam pipa logam ke dalam tanah dan kemudian akan dipasang pula pada setiap terminal stop kontak, kemudian disambungkan dengan kabel negatif yang alirannya berasal dari PLN

Berikut langkah-langkah agar kita tak tersengat listrik walau Anda memegang sumber listrik baik fasa maupun netral :

Pertama

Untuk seorang pemula gunakanlah listrik bertegangan rendah terlebih dulu pada 10-12 volt dengan arus yang rendah juga. Jika Anda ngeyel dan tetap memakai listrik bertegangan tinggi saya tak menjamin keselamatan Anda.

Kedua

Harap pastikan bahwa kaki Anda tak menyentuh langsung ke tanah atau konduktor yang terhubung ke tanah. Gunakanlah sepatu yang terbuat dari bahan isolator dan pastikan Anda tak menyentuh (meskipun hanya sedikit) tanah maupun konduktor (untuk lebih amannya). Pastikan Anda memakai sepatu safety anti listrik. Setelah memakai sepatu dengan bahan isolator dianjurkan juga untuk ada diatas tempat berisolator, seperti di atas meja yang terbuat dari kayu ataupun karet dan jangan sekali-kali coba di atas meja yang terbuat dari besi karena besi adalah konduktor.

Ketiga

Peganglah salah satu sumber listrik (fasa atau netral) harap diperhatikan bahwa hanya salah satu yang boleh dipegang, jika Anda memegang keduanya sama saja Anda bunuh diri. Kita tahu kalau listrik yang dapat mematikan manusia adalah bagian fasa, maka peganglah kabel fasa dan jangan takut perhatikan apa yang akan terjadi.

Keempat

Suruhlah orang lain untuk menggunakan tespen guna mengetes diri Anda, jika teman Anda menempelkan tespen ke badan Anda maka tespen akan menyala yang menandakan kalau Anda sudah teraliri listrik. Janganlah dibiarkan teman Anda menyentuh Anda, harap cermati kalau hanya tespen yang bisa menyentuh Anda.

Kelima

Selamat Anda sudah memegang listrik tanpa ada kesetrum, sekarang cobalah dengan tegangan tinggi misalnya 220 volt dari listrik PLN.

PERHATIAN

  • Jika Anda bukanlah seorang tekhnisi dalam bagian kelistrikan baiknya Anda tak melakukan ini karena akan begitu berbahaya untuk orang awam.
  • Anda hanya dapat memegang satu kabel fasa saja, jika Anda memegang kedua kabel (fasa dan netral) maka Anda akan kesetrum.
  • Mintalah teman yang berjaga-jaga di dekat sumber tegangan listrik untuk antisipasi saat terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.
  • Mintalah seorang tenaga ahli (seperti guru listrik) untuk mendampingi Anda.
  • Tanah bersifat netral, apabila Anda menyentuh tanah maka Anda akan kesetrum

Sebagai seorang tekhnisi listrik pastinya saya harus tau langkah kerja listrik dalam menyetrum (menyengat) manusia. Untuk itulah sejak lama kami hadir dalam melayani segala keluhan Anda pada instalasi listrik ditempat yang Anda miliki. Karena kami adalah jasa tukang listrik Anda. Sebab kami tahu, instalasi listrik Anda adalah fasilitas utama Anda yang harus ada. Jangan ragu, percayakan kepada kami segala masalah listrik Anda. Kami akan perbaiki semampu yapa yang ada dalam pengalaman kami.

Instalasi listrik yang dapat kami perbaiki terdiri dari berbagai macam masalah, seperti korsleting listrik, induksi, pemerataan tegangan atau balance power, peremajaan instalasi, peremajaan panel, perapihan dll. Yang tersebut itu kami mampu mengatasi segala masalah listrik Anda.

Jadi, sekali lagi kami infokan kepada Anda, jangan ragu jika Anda mempunyai keluhan dalam instalasi listrik Anda. Hubungi kami, dan kami akan lakukan jasa perbaikan secepat mungkin di hari yang sama setelah Anda hubungi kami. Tak perlu berpikir lama, kami beri garansi maksimal selama 1 (satu) bulan setelah masalah instalasi listrik Anda selesai kami perbaiki. Jangan sanksikan lagi. Tekhnisi kami merupakan tekhnisi yang jujur, handal dan berpengalaman.

Kami tegaskan, jangan biarkan instalasi listrik Anda ditangani oleh orang-orang yang tidak kompeten dibidangnya. Anda sudah berinvestasi mahal tetapi instalasi listrik Anda justru sering bermasalah. Segera hubungi kami untuk membantu masalah listrik instalasi listrik Anda agar aman untuk jangka waktu yang panjang. Kami buka setiap hari. Kami siap melayani keluhan instalasi listrik Anda. Karena kami Ahli Di Bidang Kelistrikan

Sebagai spesialis penyedia layanan listrik, kami memiliki peralatan dan pengalaman untuk membantu sekaligus menjaga listrik Anda berjalan normal dan aman sepanjang tahun. Jika Anda memerlukan layanan darurat, kami siap membantu Anda, 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Jasa Yang Kami Tawarkan Sebagai Berikut :

1 – Instalasi listrik baru
2 – Perbaikan instalasi listrik konsleting, arus pendek, dll.
3 – Perakitan panel
4 – Peremajaan instalasi listrik
5 – Remote lampu ( wireless electricity )
6 – Pemasangan lampu neon Box
7 – Pemasangan lampu kristal
8 – Pemasangan lampu hias
9 – Pemasangan lampu taman
10 – Pemasangan jaringan listrik baru
11 – Pengadaan barang dan material untuk pemasangan listrik baru
12 – Pengecekan jaringan listrik antisipasi kerusakan fatal
13 – Peremajaan, renovasi dan penggantian jaringan listrik lama di rumah dan gedung
14 – Merapikan jaringan listrik yang tidak layak agar tidak terjadi kebakaran di rumah.
15 – Konsultasi penghematan daya listrik rumah atau gedung.
16 – Konsultasi instalasi listrik serta biaya yang diperlukan untuk pemasangan listrik baru.
17 – Pemasangan jaringan data komputer
18 – Pengadaan dan instalasi panel listrik jaringan baru
19 – Pengecekan konsleting listrik dirumah dan gedung.
20 – Grounding System Dan Pemasangan Anti Petir
21 – Penambahan Titik Lampu Atau Stop Kontak Dan Sebagainya

Silahkan hubungi kami tentang instalasi atau untuk perbaikan listrik Anda, kami akan dengan senang hati menerimanya karena kami senantiasa berusaha untuk meningkatkan layanan kepada Anda. Anda juga dapat mengirimkan pertanyaan mengenai jasa maupun layanan dan kami akan berusaha menjawab dengan sebaik mungkin.

Basecamp : Jln Warung Gantung No 91, Kp Kojan Rt 10 / Rw 06 Kalideres Jakarta Barat 11840